Bingung Cari Parkir di Mal? Nih, Teknologinya

Sussex, KompasOtomotif - Sering bingung cari tempat parkir di gedung perkantoran atau mal, apalagi di saat-saat penuh? Memang kadang petugas penjaga bisa mengulurkan bantuan, terkadang harus merogoh kocek. Untungnya, kini sebuah teknologi memudahkan hal itu dengan melibatkan radio frequency identification (RFID).

Sejumlah lembaga pemerintah di sejumlah negara sedang mengembangkan "parking patch" yang menggabungkan fungsi RFID atau sensor nirkabel dengan aplikasi pada smartphone (ponsel pintar). Jadi, informasi soal tempat parkir kosong akan tampil di ponsel pintar, dan pengemudi tinggal mengarahkan mobilnya ke sana.

"Menerapkan sistem teknologi ini tanpa mengharuskan pengguna kendaraan memasangkan sebuah alat ke mobil mereka," ujar Adrian Bone, CEO Deteq Solutions, perusahaan di Sussex Innovation Centre University Of Sussex, Inggris, yang mengerjakan aplikasi start-up dalam mengembangkan teknologi ini.

Solusinya adalah menempatkan sensor nirkabel berharga murah, dan tidak banyak makan daya, di tiap-tiap permukaan bidang parkir. Sensor berbentuk lempengan dengan panjang 7 cm itu ditempel untuk mengetahui apakah ada kendaraan di sana atau tidak.

Sebenarnya sensor serupa sudah digunakan di sejumlah gedung, termasuk di mal wilayah Jakarta. Namun, hal itu tidak dikombinasikan dengan penunjuk arah atau informasi kepada pengendara yang sedang mencari tempat parkir. Sensor itu sejauh ini hanya untuk memberi tahu jumlah ruang yang tersedia untuk parkir.

Aplikasi yang dirancang Adrian Bone dan timnya menggunakan warna-warna sebagai petunjuk area mana saja yang masih kosong secara real time dan akan ditampilkan di layar smartphone.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperingatkan pengemudi atau memberi tahu petugas jika ada pengendara yang parkir di area terlarang.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Bingung Cari Parkir di Mal? Nih, Teknologinya"

Posting Komentar