Aplikasi Pemutar Musik yang Bisa Menebak Judul Lagu


Aplikasi Shazam Player diklaim mampu menjadi rival bagi Apples Music App

KOMPAS.com - Shazam merilis sebuah aplikasi pemutar musik, Shazam Player, untuk peranti berbasis iOS. Shazam sebelumnya lebih terkenal sebagai aplikasi mobile (apps) yang mempunyai kemampuan mengenali atau menebak judul lagu yang sedang diputar.
Misalnya, Anda sedang mendengar sebuah lagu, tetapi tak mengetahui judul lagunya, Shazam bisa membantu mencarikan. Hanya dengan mengaktifkan apps Shazam di ponsel Anda dan mendekatkannya ke sumber suara dari lagu tersebut.

Shazam Player yang dirilis ini adalah lebih sebagai pemutar musik, yang diharapkan bisa menggantikan musik player bawaan iOS karena fitur yang lebih mumpuni dan bisa memberikan pengalaman bermusik yang lebih baik.

Kelebihan Shazam Player dari musik player bawaan iOS, dia dilengkapi dengan lirik (streaming), jadwal tour, video Youtube, dan biografi penyanyi/artis lagu yang sedang diputar.

Kemampuannya untuk mengenali judul sebuah lagu pun masih tetap ada di Shazam Player ini. Selain itu, pengguna peranti iOS masih tetap bisa membeli lagu dari iTunes, seperti biasa.

Dengan adanya lirik dari setiap lagu yang sedang diputar, pengguna bisa langsung bernyanyi sambil mendengarkan lagu asli dari sang penyanyi favorit.

Shazam pun sudah menambahkan sekitar 25.000-30.000 lirik lagu ke dalam pemutar tersebut.

Agar teman tahu apa yang sedang didengarkan, kita pun bisa membagi lagu yang kita dengar ke situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

"Aplikasi Shazam Player akan mampu memberikan pengalaman yang baru dalam mendengarkan musik, apakah lagu itu hanya sesuatu yang baru didengarkan pertama kali atau sudah menjadi koleksi favoritnya," kata CEO Shazam Andrew Fisher.


Pengguna juga bisa menambahkan lagu ke daftar favorit (playlist) dan bisa menyusun daftar lagu sesuai tema yang diinginkan, misalnya era 80-an, 90an, disco, slow, dan sebagainya.

Bahkan, kita juga bisa memasukkan daftar lagu ke lagu yang bagus dan lagu yang kurang bagus sehingga kita bisa memilih lagu yang akan ditampilkan dalam mode acak (shuffle).

Aplikasi ini sudah tersedia di App Store dan bisa diunduh dari iPhone, iPad, dan iPod Touch. Saat ini Shazam Player memang baru tersedia untuk peranti iOS, meski aplikasi pengenal suara Shazam sendiri sudah tersedia di Android dan BlackBerry.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/01/12/12381429/Aplikasi.Pemutar.Musik.yang.Bisa.Menebak.Judul.Lagu

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Aplikasi Pemutar Musik yang Bisa Menebak Judul Lagu"

Posting Komentar